Gerakan Masjid Bersih (Part 1)



Karena Lelah di Jalan Allah, Adalah Berkah.
“Jabir radhiyallahu’anhuma bercerita bahwa Rasulullah shallallahu’alahi wasallam bersabda: “Sebaik-baik manusia, adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”[HR. At-Thabarani. Hadits dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no. 3289].
Hadits tersebut merupakan salah satu dasar pemikiran terbentuknya Komunitas Muslim Inspiratif. Dan sudah seharusnya setiap pengurusnya mampu untuk mengamalkan dan berkontribusi nyata untuk umat. Untuk orang lain. Karena dasar pemikiran tersebut merupakan ghirah ataupun semangat yang harus tertanam dalam diri.
Dan salah satu kegiatan yang digalangkan oleh Komunitas Muslim Inspiratif (KMI) Tarakan untuk mengamalkan hadist tersebut dengan sebuah kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Yakni “The Project 4G.” Apa itu? Ia adalah sebuah kegiatan gerakan, yakni;
1.      Gerakan Masjid Bersih
2.      Gerakan Tebar Al-Qur’an dan Buku Islami
3.      Gerakan Tebar Spanduk Dakwah
4.      Gerakan Santunan Kaum Duafa.
Komunitas yang berdiri sejak tanggal 22 Oktober 2017/ 02 Safar 1439 H ini pun menyelenggarakan The Project 4G bagian pertama; Gerakan Masjid Bersih. Kegiatan ini mengambil tema “Bersih Masjidku Khusyuk Sholat”. Dengan adanya kegiatan ini mampu menjadi langkah awal bagi masyarakat untuk memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya sebuah kebersihan, terkhusus lagi adalah kebersihan Masjid.
Gerakan Masjid Bersih ini diikuti 10 Pengurus KMI Tarakan dan diselenggarakan di Kelurahan Pantai Amal-Binalatung di Masjid Al-Ikhlas Rt. 11.
***
Masjid Al Ikhlas-Binalatung RT. 11 - Kelurahan Pantai Amal

Kegiatan ini pasti melelahkan? Na’am! Sangat melelahkan. Kami sadar betul bahwa kegiatan ini sangat melelahkan. Atau mungkin ada yang bertanya kenapa waktu weekend nya tidak digunakan untuk bersantai saja? Kami pun mau seperti itu namun kami sadar bahwa keberadaan kami di dunia ini bukan untuk bersantai ria. Menikmati weekend dengan keseruan (Meskipun kami sesekali melakukannya), berkumpul dengan teman, kerabat atau merileksasikan tubuh dan pikiran setelah sepekan penuh bekerja. Namun ada prioritas yang kami dahulukan. Kami utamakan. Yakni berbuat lebih banyak. Bermanfaat untuk sesama tanpa kenal jeda dan waktu. Kami ingin mempersiapkan bekal yang banyak menuju kampung halaman; untuk pulang. Kami ingin mempersiapkan perjumpaan dengan Rabb kami sebagai hamba yang memanfaatkan waktunya di Jalan-Nya. Karena lelah di Jalan Allah adalah berkah. Ia adalah wujud kebenaran iman, cinta dan rasa syukur pada-Nya atas segala yang telah diberikan kepada kami. Dan semoga kami tetap istiqomah di jalan-Nya, meskipun lelah senantiasa membersamai kami. Serta tunggu kegiatan kami selanjutnya.
Uhibbukum fillah.

                 Karpet Masjid (Butuh Donatur untuk Pengadaan Karpet Baru)

                               Karena Lelah ini sebagai wujud cinta pada-Nya



Bagi teman-teman yang ingin lebih kenal dengan Komunitas Muslim Inspiratif (KMI) Tarakan, bisa kepoin kami di;
IG: @kmi_tarakan atau @komunitas_musliminspiratif
FB: Muslim Inspiratif
FanPage: Komunitas Muslim Inspiratif
Blog: musliminco17.blogspot.com
WA: 085-299-741-298
 

Comments